JK Kembali Ajak Myanmar "Tegas" untuk Rohingya - Okezone

Written By Warok Ponoragan on Rabu, 24 April 2013 | Rabu, April 24, 2013

Jusuf Kalla (Foto: Ade/Dok. Pri. JK)

Jusuf Kalla (Foto: Ade/Dok. Pri. JK)

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla kembali menyoroti isu kekerasan terhadap warga Rohingya di Myanmar. JK turut mendesak adanya ketegasan dari Myanmar dalam menyelesaikan masalah ini.

Menurutnya, isu Rohingya memang mengandung sensitifitas tersendiri bagi negeri yang sempat dipimpin junta militer itu. Salah satu masalah yang muncul adalah masalah pemberian bantuan ke Rohingya.

"Itulah sensitifitas Myanmar, karena menghadapi pemilu terlalu kencang, mereka gak mau menerima bantuan dari negara dengan logo bulan sabit (negara Islam)," ujar JK  saat ditemui wartawan di Restoran Dapur Sunda, Bellagio Boutique Mall, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Oleh karena itulah, Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi organisasi yang bisa masuk ke Myanmar dan mendistribusikan bantuan. Bersamaan dengan itu, JK mengingatkan kembali bahwasannya isu Rohingya adalah isu yang wajib diselesaikan Myanmar.

"Itu tugas Pemerintah Myanmar, harus tegas menghadapinya! Intinya pendekatan hukum, harus tegas pemerintahnya" tegas JK.

JK juga mendapat pertanyaan seputar kekerasan di Meiktila, Myanmar. JK mengatakan, PMI tidak memberikan bantuan ke wilayah tersebut.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

http://international.okezone.com/read/2013/04/24/411/796910/jk-kembali-ajak-myanmar-tegas-untuk-rohingya

0 komentar:

Posting Komentar