Dalai Lama Kecam Serangan terhadap Warga Muslim di Myanmar - Detikcom

Written By Warok Ponoragan on Rabu, 08 Mei 2013 | Rabu, Mei 08, 2013

Rabu, 08/05/2013 18:16 WIB

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Dalai Lama (PressTV)

Washington - Tokoh spiritual Tibet, Dalai Lama ikut menanggapi konflik sektarian yang terjadi di Myanmar. Dalai Lama mengecam aksi kekerasan yang juga melibatkan para biksu terhadap warga muslim di negara tersebut.

Komentar ini disampaikannya saat berpidato di hadapan para mahasiswa di University of Maryland, Amerika Serikat pada Selasa (7/5) waktu setempat. Dalam pidatonya, Dalai Lama menyebut, pembunuhan atau aksi kekerasan atas nama agama benar-benar perbuatan yang 'tak pernah terbayangkan'.

"Menurut saya, sangat menyedihkan," ujar Dalai Lama seperti dilansir PressTV, Rabu (8/5/2013).

"Saya berdoa bagi mereka (para biksu) agar merenungkan perbuatannya di hadapan Buddha," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dalai Lama menyebut, konflik sektarian yang terjadi lebih disebabkan masalah politis, bukannya spiritual.

Konflik sektarian di Myanmar yang melibatkan warga penganut Buddha dengan penganut Islam, terutama yang berasal dari Rohingya, telah memakan banyak korban jiwa. Diyakini, ratusan warga Rohingya tewas dan ribuan orang lainnya terpaksa mengungsi karena serangan brutal yang dilakukan para ekstremis yang menyebut dirinya pengikut Buddha.

Para ekstremis ini menyerang warga muslim dan membakar rumah-rumah serta masjid-masjid di lingkungan mereka. Pemerintah Myanmar pun dituding gagal dalam melindungi warganya yang penganut Islam.

(nvc/ita)


Sponsored Link

Komentar (0 Komentar)

http://news.detik.com/read/2013/05/08/181619/2241473/1148/dalai-lama-kecam-serangan-terhadap-warga-muslim-di-myanmar?9911012

0 komentar:

Posting Komentar