JELANG MOTOGP SPANYOL : Rossi Dipusingkan Pemilihan Ban - Solopos

Written By Warok Ponoragan on Sabtu, 04 Mei 2013 | Sabtu, Mei 04, 2013

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, mengaku dipusingkan pemilihan ban jelang MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, pada Minggu (5/5/2013). dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

JEREZ â€" Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, mengaku masih dipusingkan pemilihan ban jelang MotoGP Spanyol. Juara dunia MotoGP tujuh kali ini khawatir karena pemilihan ban yang kurang tepat, ia tak mampu mempertahankan kecepatannya pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2013) WIB.

Rossi menempati posisi tercepat ketiga dan kedua saat menjalani sesi latihan bebas kesatu dan kedua jelang MotoGP Spanyol, Jumat (3/5/2013). Sementara, rekan setimnya, Jorge Lorenzo, justru tak terbendung dengan mendominasi sesi latihan pertama dengan menjadi yang tercepat secara back to back.

Meski senang dengan hasil latihan itu, namun Rossi mengaku masih dikhawatirkan dengan pemilihan bannya. “Saya lebih khawatir tentang ritme-nya.”

“Saya tak terlalu percaya diri dengan ban belakang keras saat latihan. Saya mencobanya, tapi sayangnya ban keras tak cukup grip di tepi,” imbuh Rossi.

“[Di sisi lain], saya sedikit khawatir jika saya balapan dengan ban lembut karena dengan temperaturnya akan kesulitan menjalani 27 lap.”

Sementara itu, Lorenzo yang tampil sebagai yang tercepat dalam dua latihan hari pertama menggunakan ban lembut. Namun, juara dunia musim lalu itu berencana menggunakan ban keras pada sesi latihan ketiga, Sabtu (4/5/2013).

Balapan di Sirkuit Jerez, Minggu nanti, kemungkinan akan menjadi milik Yamaha. Tim berlambang Garpu Tala ini sempat menjajal kecepatannya pada tes pra-musim di Jerez.

Kendati demikian, Rossi mengaku tak bisa meremehkan kekuatan Honda. Rossi percaya bahwa Dani Pedrosa, pembalap Repsol Honda, akan menjadi ancaman serius dalam balapan nanti.

Pedrosa tampil cukup cepat dalam dua sesi latihan pertama. Ia menempati urutan kedua dengan selisih 0,003 detik di belakang Lorenzo pada sesi latihan pertama, Jumat pagi.

“Mungkin kami memiliki keunggulan dibanding Honda dalam beberapa kondisi lebih dingin, seperti pada saat tes,” tutur Rossi.

“Namun, bagaimanapun Dani sangat cepat di sini. Saya rasa pada Minggu [saat balapan], Dani dan Jorge merupakan pembalap dengan kans yang lebih untuk menang.”

http://www.solopos.com/2013/05/04/jelang-motogp-spanyol-rossi-dipusingkan-pemilihan-ban-402960

0 komentar:

Posting Komentar