Parkir Bawah Tanah di Monas Meniru Hongkong - KOMPAS.com

Written By Warok Ponoragan on Jumat, 03 Mei 2013 | Jumat, Mei 03, 2013

Parkir Bawah Tanah di Monas Meniru Hongkong

Penulis : Kurnia Sari Aziza | Jumat, 3 Mei 2013 | 17:46 WIB

Dibaca:

Parkir Bawah Tanah di Monas Meniru HongkongKompas.com/Kurnia Sari Aziza Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun lahan parkir bawah tanah di sekitar Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, rencana itu terinspirasi dari parkir bawah tanah di Kota Hongkong.

"Di Hongkong semuanya sudah begitu. Ya, kita mainnya sudah di bawah, bukan di atas lagi. Jadi orang bisa parkir, terus melanjutkan naik MRT dan naik transjakarta," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Pembangunannya direncanakan mulai tahun depan dengan menggunakan APBD DKI 2014. Basuki mengatakan, Pemprov DKI akan mengkaji lebih serius mengenai rencana itu pada akhir Mei ini.

Pembangunan parkir bawah tanah itu seiring dengan telah dimulainya pembangunan MRT di Ibu Kota. Dengan demikian, apabila MRT jalur Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia telah berjalan, maka akan terintegrasi dengan parkir bawah tanah di areal Monas itu.

"Kita bisa bayangkan kalau dari Bundaran HI ditarik sama Monas itu ada ruang bawah tanah. Tapi, kita enggak mau kasih ke pihak swasta untuk mengerjakan ini. Kita main di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kita saja," kata Basuki.

Gagasan pembangunan tempat parkir bawah tanah ini muncul setelah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Budi Susilo Soepandji menyampaikan keluhannya kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terkait parkir liar di depan Gedung Lemhanas, Jalan Medan Merdeka Selatan. Jokowi mengatakan, parkir bawah tanah itu menyediakan lahan parkir off street, khususnya untuk pengunjung Monas dan warga yang memiliki keperluan di Balaikota Jakarta atau perkantoran lain di sekitarnya.

Agar pembangunannya bisa segera dimulai pada tahun depan, Jokowi meminta jajarannya untuk membuat design engineering detail (DED) pada tahun ini. Meski demikian, Jokowi belum mengalkulasikan besarnya anggaran yang diperlukan.

http://megapolitan.kompas.com/read/2013/05/03/17464762/Parkir.Bawah.Tanah.di.Monas.Meniru.Hongkong

0 komentar:

Posting Komentar