Pencak Silat Targetkan Delapan Emas di ISG - Tempo.co

Written By Warok Ponoragan on Senin, 13 Mei 2013 | Senin, Mei 13, 2013

Pencak Silat Targetkan Delapan Emas di ISG

Seorang atlet putri yang mengikuti Pelatnas Pencak Silat melakukan pemanasan sebelum mengikuti sesi latihan sore di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Jakarta, Rabu (27/3). Nominal uang saku yang diterima para atlet Pelatnas sebesar 3 sampai 5 juta rupiah per bulan. TEMPO/Seto Wardhana

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala pelatih Pencak Silat, Taslim Aziz, menargetkan timnya bisa mendapatkan delapan medali emas di ajang Islamic Solidarity Games ke-3 di jakarta, September mendatang.

Menurut dia, sejauh ini baru ada lima negara yang diperkirakan tampil di cabang olahraga Pencak Silat, yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Azerbaijan. "Malaysia yang akan menjadi pesaing kami," ucap Taslim saat dihubungi, Kamis, 9 Mei 2013.  Malaysia merupakan  satu di antara negara yang konsisten mengikuti  kejuaran pencak silat.

Menurut  Taslim, masih diperlukan satu peserta lagi agar pencak  silat dapat dipertandingkan di ISG.

Sementara itu, Pengurus Pusat Ikatan Pencak Silat Indonesia   saat ini juga sedang mempersiapkan tim untuk SEA Games ke-27 di Myanmar, Desember 2013 mendatang. Berkaca kepada hasil kejuaraan  Belgia Open, 2-5 Mei 2013, Taslim optimistis tim pencak silat bisa berbuat banyak. "Kami meraih sembilan medali emas, dua perak, dan tiga perunggu di Belgia," kata dia.

Hasil itu diharapkan bisa menjadi pemacu bagi atlet yang akan masuk pelatnas dan yang akan tampil di ISG. Sebanyak 15 pesilat Indonesia tampil di Belgia Open dan hanya satu pesilat yang gagal menyumbangkan medali.

Untuk persiapan SEA Games, PP IPSI  akan melakukan seleksi tim pada akhir Agustus. Taslim menyatakan atlet yang akan mengikuti seleksi pra-SEA Games merupakan gabungan pesilat  yang berlaga di Belgia Open lalu dan  12 pesilat  single. Hasil dari seleksi ini nantinya akan dikirim untuk ISG.

ISG  akan berlangsung mulai 22 September nanti di Jakarta. Sebanyak 57 negara anggota Organisasi Konferensi Islam diperkirakan akan mengikuti  pesta olahraga tiga tahunan ini.

ADITYA BUDIMAN

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/09/103479192/Pencak-Silat-Targetkan-Delapan-Emas-di-ISG

0 komentar:

Posting Komentar