Malam Ini , Tarekat Naqsabandiyah Salat Tarawih

Written By Warok Ponoragan on Minggu, 07 Juli 2013 | Minggu, Juli 07, 2013

INFO RAMADAN

Sabtu, 06 Juli 2013 22:31 wib

Ponoragan - Poskini

Tarekat Naqsabandiyah Salat Tarawih (Foto: Rus Akbar/Okezone)Tarekat Naqsabandiyah Salat Tarawih (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Meski Majelis Ulama Islam (MUI) sudah menetapkan 1 Ramadan 1434 Hijriyahjatuh pada 9 Juli mendatang, namun Tarekat Naqsabandiyah di Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat malam sekitar pukul 20.00 WIB sudah melakukan shalat tarawih di Surau Baru yang bertanda besok mereka akan berpuasa.
 
Menurut Zahar (58) Imam Surau Baru, mereka melaksanakan ibadah puasanya besok 7 Juli 2013, ini sudah sesuai metode penghitungan hari memakai hisab munjid dan rukiyat dengan cara melihat bulan.
 
“Setelah kita cocokkan dengan dua metode tersebut maka bulan puasa ditetapkan besok, malam ini kita sudah mulai shalat tarawih berjamaah dan saya sendiri akan menjadi imamnya,” katanya, Sabtu (6/7/2013).
 
Dalam pelaksanaannya, shalat tarawih dilakukan 20 rakaat dengan caranya melakukan shalat dua rakaat sebanyak sepuluh kali dan ditutup dengan tiga rakaat shalat witir.
 
Untuk diketahui, metode ini merupakan hasil perguruan Syeikh Tahib yang telah berguru ke Mekkah dan pada tahun 1910 mendirikan surau ini, karena terlalu padat di Surau Baru itu kemudian jamaah mendirikan mesji Baitul Makmur sekitar 200 meter dari Surau Baru tersebut, kini mesjid Baitul Makmur itu di pimpin oleh Syafri Malin Mudo.
 
Akibat ditambahnya mesjid tersebut membuat di Surau Baru semakin sedikit, seperti malam ini mesjid yang bertingkat dua ini dengan lantai papan hanya sekitar 45 an jamaah yang sembayang umumnya di dominasi kaum perempuan yang sudah lanjut usia.
(cns)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

http://ramadan.okezone.com/read/2013/07/06/335/833073/malam-ini-tarekat-naqsabandiyah-salat-tarawih

0 komentar:

Posting Komentar