Densus Tangkap Pencari Dana Bom Kedubes Myanmar - BeritaSatu

Written By Warok Ponoragan on Senin, 12 Agustus 2013 | Senin, Agustus 12, 2013

Jakarta - Detasemen Khusus 88/Antiteror tak pernah lelah mengungkap dan menangkap pelaku teroris. Kali ini yang dibekuk detasemen berlambang burung hantu itu adalah Muhamad Saiful Sabani alias Ipul alias Sayyev dan rekannya.

"Ipul yang lahir di Kebumen pada 25-04-1987 dan beralamat di Kranggan, Kebumen adalah buron dalam kasus rencana peledakan Kedubes Myanmar di Jakarta yang kita gagalkan Mei lalu," kata seorang sumber di lingkungan Densus 88/Antiteror saat dihubungi Beritasatu.com Minggu (11/8).

Ipul ditangkap di tempat parkir pintu masuk Hotel Garuda Inn, Jalan Malioboro, Yogyakarta pada Jumat (9/8) sekitar pukul 22.45 WIB.

"Bersamanya juga kita tangkap Bayu Dwi Ardianto alias Bayu yang sehari-hari menganggur. Kita masih akan tentukan status Bayu dalam 7x24 jam, " imbuh sumber yang tak mau disebutkan namanya itu.

Bayu adalah pemuda kelahiran
Yogyakarta pada 26 Agustus 1992. Dia beralamat di Barak Margoluwih RT 03 RW 14 Sayegan, Sleman, Yogyakarta.

Dihubungi secara terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Ronny F. Sompie menambahkan jika Ipul diduga terlibat dalam jaringan Rohadi dan Sigit Indrajit yang sebelumnya ditangkap di Jakarta karena terlibat dalam perencanaan bom Kedubes Myanmar.

"Dia bersama-sama dengan Ovie, Rohadi, Imam, dan Sigit, keempatnya telah tertangkap sebelumnya, berlatih membuat bom yang dibimbing oleh Sepriano alias Mambo (buron)," kata Ronny.

Latihan itu dilakukan dalam program iddad (latihan militer) di Gunung Salak, Jawa Barat pada Januari 2013. Latihan ini sebelumnya tidak terendus oleh Densus.

"Ipul juga pencari dana untuk halaqoh (kumpulan pengajian) yang dipimpin Rohadi dan mengetahui perencanaan teror terhadap umat Budha dan Kedubes Myanmar Mei lalu itu," beber Ronny.

Peran lainnya adalah menghubungkan Rohadi dengan Sepriano alias Mambo yang menyerahkan empat bom pipa yang akan digunakan untuk menyerang Kedubes Myanmar.

Kedubes Myanmar dijadikan sasaran karena ingin membalas dendam atas kasus muslim Rohingya yang menjadi korban kekejaman rezim pemerintah Myanmar yang mayoritas beragama Budha.

http://www.beritasatu.com/nasional/130932-densus-tangkap-pencari-dana-bom-kedubes-myanmar.html

0 komentar:

Posting Komentar