Bank Mandiri Ingin Buka Cabang di Singapura - KOMPAS.com

Written By Warok Ponoragan on Minggu, 26 Mei 2013 | Minggu, Mei 26, 2013

Bank Mandiri Ingin Buka Cabang di Singapura

Jumat, 24 Mei 2013 | 21:17 WIB

Dibaca:

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi: Pelayanan nasabah di Plaza Bank Mandiri, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) ingin mendapatkan cabang penuh berkualifikasi atau Qualified Full Branch (QFB) di Singapura. "Kalau itu tidak bisa, kita minta yang setara dengan itu," sebut Direktur Utama Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, Jumat, (24/5).

Saat ini, Mandiri baru memiliki satu cabang di Singapura. Itu pun memiliki layanan terbatas, yaitu hanya boleh melayani nasabah korporasi saja. Maka dari itu, dengan kualifikasi lebih, Mandiri ingin menyasar nasabah ritel.

Budi menyebut, Mandiri ingin diperlakukan sama dengan bank milik Malaysia, China, dan India yang bisa beroperasi penuh di sana. Untuk permodalan masuknya pun, ia ingin diperlakukan setara. Pasalnya, syarat buka cabang bagi Indonesia di sana terbilang mahal.

Selain itu, ia ingin dapat membuka cabang dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang lokasinya ditentukan sendiri. Kemudian, ia juga ingin Mandiri bisa bergabung dengan jaringan ATM lokal di sana, serta mendapatkan izin untuk perusahaan sekuritas dan aset manajemen untuk dapat beroperasi.

Bahkan, Budi menyampaikan bahwa bila perlu 3 bank yakni Mandiri, PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) boleh membuka 15 cabang dan 50 ATM di sana. Secara legal entitas ia menyadari ini tentunya akan sulit dijalankan bersama-sama.

"Tapi Indonesia kan negara besar. Sudah saatnya bisa berdiri dengan negara-negara lain, baik di Asia dan dunia," ujar Budi. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

Sumber :

KONTAN

Editor :

Bambang Priyo Jatmiko

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/05/24/21171967/Bank.Mandiri.Ingin.Buka.Cabang.di.Singapura

0 komentar:

Posting Komentar