Harga Minyak Naik Tipis di Pasar Asia - KOMPAS.com

Written By Warok Ponoragan on Kamis, 02 Mei 2013 | Kamis, Mei 02, 2013

Harga Minyak Naik Tipis di Pasar Asia

Kamis, 2 Mei 2013 | 13:36 WIB

Dibaca:

Shutterstock Rig lepas pantai milik sebuah perusahaan minyak. Harga minyak di pasar Asia naik tipis siang ini, di tengah penurunan harga yang terjadi dalam beberapa hari ini.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Harga minyak di pasar Asia pada siang hari ini mengalami kenaikan, mengimbangi penurunan tajam yang terjadi pada sesi perdagangan sebelumnya.

Namun demikian, berbagai analis memeringatkan bahwa penguatan harga minyak itu masih cukup rentan terhadap penurunan harga karena lemahnya permintaan. Harga minyak Light Sweet untuk kontrak Juni tercatat naik 2 sen dollar AS menjadi 91,05 dollar AS per barrel, dan minyak Brent untuk kontrak dua bulan ke depan juga mengalami peningkatan 3 sen dollar AS menjadi 99,98 dolar AS per barrel.

Harga kontrak kedua jenis minyak itu sempat mengalami penurunan hingga 2,4 dollar AS per barrel pada Rabu, menyusul perkiraan melemahnya pertumbuhan ekonomi AS dan China selaku konsumen terbesar minyak dunia.

Pelemahan harga minyak yang terjadi sebelumnya juga dipicu oleh tingginya stok minyak AS. Dilaporkan cadangan energi negeri Abang Sam ini mencapai 6,7 juta barrel pada 26 April, atau lebih tinggi 800.000 barrel dari perkiraan para analis. Besarnya cadangan ini menjadi tanda mengenai rendahnya konsumsi energi di negara itu.

Kinerja manufaktur AS dilaporkan juga mengalami penurunan. Dari data Institute for Supply Management (ISM), purchasing managers index industri di AS turun ke level 50,7 pada akhir April dibandingkan dengan Maret 51,3 poin.

Kondisi serupa juga terjadi di China, di mana purchasing managers index di level 50,6 pada April dari sebelumnya 50,9 pada Maret.

Editor :

Bambang Priyo Jatmiko

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/05/02/13364325/Harga.Minyak.Naik.Tipis.di.Pasar.Asia

0 komentar:

Posting Komentar