WKO MELUAP : Jembatan Gantung Bawu Terendam - Solopos

Written By Warok Ponoragan on Kamis, 02 Mei 2013 | Kamis, Mei 02, 2013

Jembatan Bawu Kemusu, Boyolali (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

BOYOLALI â€" Selain menggenai puluhan rumah, meluapnya air Waduk Kedung Ombo (WKO) di Kemusu, Boyolali, juga merendam jembatan gantung di Desa Bawu, Kecamatan Kemusu. Akibatnya banyak warga yang setiap harinya harus melintasi jalur tersebut menuju kawasan kota atau pusat kecamatan, menyeberang sungai dengan menggunakan perahu.

Pantauan di lokasi jembatan, Sabtu (27/4/2013), jembatan gantung dengan panjang sekitar 75 meter terendam menyusul tingginya intensitas hujan selama beberapa waktu terakhir ini. Padahal setiap hari, ribuan warga di enam dusun, yaitu Bawu, Benteran, Melikan, Blendung, Kopen dan Dukuan tersebut memanfaatkan jembatan itu sebagai akses tercepat menuju kawasan kota atau pusat kecamatan.

Dengan kondisi terendamnya jembatan tersebut, warga pun terpaksa harus menyeberang dengan menggunakan perahu. Tidak hanya orang, sepeda motor pun ikut diseberangkan dengan sebuah perahu. Untuk menyeberang, warga harus membayar senilai Rp2.000/orang dan Rp5.000/sepeda motor. Sebab jika warga menggunakan jalur lain, jarak yang harus ditempuh untuk tiba di kawasan kota cukup jauh. Hal itu diperparah dengan kondisi jalan yang rusak.

Salah seorang warga desa setempat, Betty, mengaku dirinya hampir setiap hari melewati jalur tersebut untuk bisa beraktivitas di pusat kecamatan. Diakuinya ada jalan lain yang sebenarnya bisa dilewati selain jembatan tersebut. Namun warga harus menempuh jarak yang lebih jauh.

”Kalau menyeberang dengan perahu bayarnya Rp2.000. Karena kalau lewat jalan lain jauh, harus memutar,” tutur Betty ketika ditemui wartawan ketika hendak menyeberang, Sabtu.

Warga lainnya, Pono, mengatakan kondisi seperti itu sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Menurut dia, jembatan gantung tersebut biasa digunakan sebagai akses warga. Namun kini dengan meluapnya air WKO, jembatan terendam air dan tidak bisa dilalui. Pihaknya berharap pemerintah segera memberikan perhatian terhadap warga Kemusu yang terisolisasi akibat luapan WKO.

http://www.solopos.com/2013/04/27/wko-meluap-jembatan-gantung-bawu-terendam-400922

0 komentar:

Posting Komentar