Jokowi Golput di Pilgub Jateng? - Tempo.co

Written By Warok Ponoragan on Senin, 27 Mei 2013 | Senin, Mei 27, 2013

TEMPO.CO, Surakarta -- Mantan Wali Kota Surakarta Joko Widodo dipastikan masih terdaftar sebagai pemilih di pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang berlangsung kemarin, Minggu, 26 Mei 2013. Meski sudah menjadi Gubernur Jakarta, nama Jokowi masih tercatat beralamat di Jalan Ahmad Yani nomor 331, Tirtoyoso, RT 4 RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Surakarta Didik Wahyudiono memastikan Jokowi masih terdaftar sebagai pemilih pilgub Jateng. "Kalau masih tercantum di DPT (daftar pemilih tetap), berarti masih sah sebagai pemilik hak suara di pilgub Jateng," ujarnya di kantor KPU Surakarta, Minggu, 26 Mei 2013.

Menurutnya, salah satu syarat utama tercantum di DPT adalah masih memiliki kartu keluarga setempat dan belum dicabut. Jokowi tercatat memiliki KTP dengan nomor NIK/KTP 3372052106610006. "Kalau belum dicabut, petugas validasi tidak berani mencoret. Hasilnya masih tercatat di DPT dan punya hak pilih," katanya.

Sebenarnya Jokowi bisa mencoblos di TPS manapun di Jateng. Asal dua minggu sebelum pencoblosan mengurus formulir A8. Namun dia mengaku tidak ada informasi Jokowi mencoblos dengan memakai formulir A8. Karena Jokowi tidak hadir di TPS 22, tempat dia tercatat sebagai pemilih, maka bisa dipastikan Jokowi tidak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara TPS 22, Toto Saronto mengatakan dari 417 pemilih yang terdaftar, ada 237 orang yang menggunakan hak pilihnya. "Sisanya tidak hadir. Termasuk Pak Jokowi," katanya kepada wartawan. Dia mengaku tidak ada keterangan apapun soal ketidakhadiran Jokowi.

Dari keluarga Jokowi, hanya ibunya, Sujiatmi dan anak keduanya, Kahiyang Ayu yang menggunakan hak pilihnya. Sedangkan istrinya, Iriana; anak pertama, Gibran Rakabuming Raka dan anak bungsu, Kaesang Pangarep, tidak hadir di TPS.

Ibunda Jokowi, Sujiatmi mengatakan Jokowi sudah jadi warga Jakarta, sehingga tidak akan pulang untuk mencoblos. "Jokowi sekarang sudah di Jakarta. Tidak di Solo," katanya usai mencoblos. Sementara Kahiyang hanya berujar pendek, "Bapak sudah ber-KTP (kartu tanda penduduk) Jakarta."  (Baca: Tak Milih di Jateng, Jokowi:KTP Saya Jakarta)

UKKY PRIMARTANTYO

Berita Lainnya:
Hitung Cepat Pilgub Jateng, Ganjar Pranowo Unggul
Ciuman Massal sebagai Protes  
Quick Count: Ganjar Pranowo Menang di Pilgub Jateng  
Digugat Pencabulan, Korban Potong 'Burung' Melawan  
Kenapa DPRD Interpelasi Jokowi 
Rekapitulasi Pilkada Bali: Mangku Pastika Menang  

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/27/058483405/Jokowi-Golput-di-Pilgub-Jateng

0 komentar:

Posting Komentar