Mulai Mei, Transfer Uang Bisa Lewat SMS - Detikcom

Written By Warok Ponoragan on Rabu, 15 Mei 2013 | Rabu, Mei 15, 2013

Jakarta - Tiga operator telekomunikasi besar tanah air berkolaborasi meluncurkan layanan e-money untuk pengiriman uang elektronik lintas operator melalui pesan singkat atau SMS.

Kerjasama ini dilakukan PT Telkomsel, PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan PT Indosat Tbk (ISAT) ini, diharapkan bisa memperluas jaringan layanan pengiriman uang eletronik hingga pelosok negeri.

Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan dengan kolaborasi tiga operator tersebut diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan mendukung sistem pembayaran di Indonesia.

"Kegiatan-kegiatan yang diluncurkan pada hari ini tidak hanya berhenti sampai di sini namun masih akan terus dikembangkan dan diperluas oleh BI bersama industri sistem pembayaran dan perbankan untuk memberikan layanan dengan jangkauan luas, murah dan aman," tutur Darmin saat acara peluncuran dan kerjasama layanan kirim uang di Gedung Thamrin, Kantor Pusat Bank Indonesia Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Di tempat yang sama, Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengungkapkan dengan adanya pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan bisa melakukan transaksi uang.

Contohnya, pelanggan TCASH (telkomsel) dapat melakukan transaksi transaksi transfer pelanggan XL Tunai (XL) maupun ke pelanggan Dompetku (Indosat) begitu pun sebaliknya.

"Banyak manfaat yang didapatkan pelanggan, di antaranya pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel," kata Alex.

Sementara itu, Direktur Utama Indosat Alexsander Rusli mengungkapkan bersatunya tiga operator tersebut memungkinkan terciptanya layanan digital payment. Layanan ini, tentunya mendukung progam BI dan pemerintah dalam memperluas less cash society.

"Diharapkan ke depan hal ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan karena kemudahan transaksi keuangan secara elektronik yang dapat dinikmati masyarakat lebih luas," jelasnya.

(feb/ang)

http://finance.detik.com/read/2013/05/15/122158/2246423/5/mulai-mei-transfer-uang-bisa-lewat-sms?991101mainnews

0 komentar:

Posting Komentar