26 Napi Wanita Diselamatkan Dari Lapas Batubara - Poskotanews

Written By Warok Ponoragan on Senin, 19 Agustus 2013 | Senin, Agustus 19, 2013

Minggu, 18 Agustus 2013 22:59:31 WIB

Rusuh, Napi dan Sipir Bentrok

lukulapas188

MEDAN (Pos Kota) â€" Kerusuhan hingga menyebabkan kebakaran di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara,Sumatera Utara, Minggu (18/8), dipicu bentrokan antara napi dengan sipir dan puluhan napi kabur dengan cara memanjat tembok lapas.

Kadiv Lapas Sumut Amran Silalahi, saat dihubungi Pos Kota, Minggu pukul 22.10 Wib, belum bersedia memberikan keterangan terkait jumlah korban karena sedang di perjalanan menuju lokasi.

Informasi yang diterima wartawan di Medan, sebanyak 26 narapidana wanita di lapas tersebut histeris ketakutan. Salah satu narapidana wanita diketahui hamil. Petugas berhasil mengevakuasi narapidana tersebut dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Kapolres Batubara AKBP JP Sinaga, mengatakan, negosiasi dilakukan untuk menyelamatkan seorang narapidana yang hamil dan dua sipir lainnya yang terjebak di dalam lapas.

Ratusan petugas kepolisian bersenjata lengkap dan satu pleton TNI dari Koramil setempat diperbantukan menjaga keamanan di depan Lapas. Sementara personil lainnya bertugas di sekitarnya.

Diketahui, kerusuhan terjadi di Lapas Labuhan Ruku di Kabutapen Batubara, Minggu (18/8) sekitar pukul 17.00 Wib. Menurut Kapolres, pemicu bentrokan diduga akibat provokasi 46 napi pindahan dari Lapas Lubuk Pakam yang dititipkan sebulan lalu.

“Bulan lalu masuk lagi 46 napi titipan Lapas Lubuk Pakam. Mereka ini yang memicu kerusuhan. Mereka memprovokasi napi yang tidak mendapatkan remisi Lebaran,” jelasnya.

Hingga Minggu malam ratusan aparat kepolisian dan TNI disiagakan di Lapas Labuhan Ruku, Batubara, Sumatera Utara. Puluhan narapidana yang berada di dalam lapas melempari petugas dengan batu.

Menurut Kapolres Batubara AKBP JP Sinaga, pemicu kerusuhan akibat kelebihan kapasitas di lapas Labuhan Ruku. “Kapasitas tahanan 300 orang tapi diisi 800 orang. Bulan Lalu ditambah lagi 46 napi titipan dari Lapas Lubuk Pakam,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan ada 30 tahanan yang melarikan diri namun 4 diantaranya berhasil diamankan polisi. (samosir)

Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara,Sumatera Utara

http://www.poskotanews.com/2013/08/18/26-napi-wanita-diselamatkan-dari-lapas-batubara/

0 komentar:

Posting Komentar