KTT APEC 2013 Tonggak Bersejarah Memakmurkan Asia Pasifik

Written By Warok Ponoragan on Sabtu, 05 Oktober 2013 | Sabtu, Oktober 05, 2013

Nusa Dua - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) Gita Wirjawan menyatakan, KTT APEC 2013 yang kini digelar di Bali akan menjadi tonggak bersejarah untuk memakmurkan Asia Pasifik.
Dia optimistis “Sasaran Bogor” yang dicanangkan pada KTT APEC 1994 di Bogor, Jawa Barat, menunjukkan hasil signifikan seiring terwujudnya perdagangan bebas dan terbuka serta di Kawasan Asia Pasifik pada 2010. Saat ini, ke-21 ekonomi APEC terus berupaya melakukan terobosan-terobosan baru bagi terwujudnya perdagangan besas dan terbuka serta iklim investasi yang kondusif di negara-negara berkembang anggota APEC, pada 2020 mendatang.
“APEC berperan menjadikan Asia Pasifik lebih makmur. Ini adil untuk mengatakan bahwa target 2020 kami, perdagangan bebas dan terbuka di kawasan Asia Pasifik," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Nusa Dua, Bali, Sabtu (5/10).
Gita mengungkapkan, isu utama yang diutamakan pada tahun ini adalah memastikan manfaat yang adil dari liberalisasi perdagangan yang menitikberatkan pada pengurangan kesenjangan ekonomi antarnegara serta peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial rakyat.
Selain itu, Indonesia juga menghadapi tanggung jawab untuk menjamin kredibilitas sistem perdagangan multilateral melalui Konferensi Tingkat Menteri ke-9 WTO dan negosiasi Doha Development Agenda.
“APEC harus memainkan peran kunci dengan memperluas dukungan politik yang kuat. Saya percaya tahun ini menjadi tonggak bersejarah bagi masa depan APEC yang memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi dunia, penciptaan lapangan kerja, integrasi, dan yang paling penting adalah kemakmuran dinikmati oleh semua,” kata Gita.
http://www.beritasatu.com/dunia/142553-ktt-apec-2013-tonggak-bersejarah-memakmurkan-asia-pasifik.html

0 komentar:

Posting Komentar